BLOG PILIHAN GENERASI LABALA

SELAMAT DATANG DI BLOG INI. TAAN ONEK TOU SOGA NARAN LEWOTANAH. LABALA TANAH TITEN.

Senin, 05 Agustus 2013

Kolak-Jagung Titi

Menyambut bulan suci Ramadhan, umat islam di indonesia dengan suka cita menyambut bulan penuh berkah dengan aneka persiapan. salah satu persiapan yang tak ketinggalan adalah menyiapkan penganan atau menu khas untuk berbuka puasa bersama keluarga.
Untuk urusan menu khas, masing-masing daerah di indonesia tentu memiliki menu khas yang akan disajikan saat berbuka puasa. dalam urusan sajian menu khas untuk buka puasa selama bulan ramadhan, umat muslim di Nusa Tenggara Timur (NTT), khususnya muslim lamaholot di kabupaten Flores Timur (Flotim) dan Kabupaten Lembata memiliki menu khas untuk disajikan saat akan berbuka puasa. salah satu menu khas muslim lamaholot adalah Kolak dan Jagung Titi. Kedua jenis penganan ini merupakan menu wajib yang selalu menjadi hidangan utama saat bernuka puasa bersama, baik di rumah maupun di mesjid atau langgar.

Sudah menjadi tradisi bagi masyarakat muslim lamaholot, kolak dan jagung titi tak bisa dihilangkan dari kebiasaan. oleh karena itu, meski tahapan pembuatan menu khas ini tak membutuhkan waktu yang lama, namunbiasanya jauh-jauh hari sebelum memasuki bulan suci ramadhan, inak-inak (ibu-ibu) muslimah lamaholot biasanya sudah menyiapkan penganan jagung titi yang disimpan dalam belik (kaleng biskuit) untuk persediaan  selama bulan ramadhan. Sedangkan penganan kolak, biasanya dimasak dan kemudian disajikan  jelang waktu berbuka puasa tiba.beberapa jam

Biasanya di luar bulan ramadhan penganan jagung titi disajikan bersama kacang tanah yang telah disangrai untuk sarapan pagi  sebagai pelengkap teh atau kopi hangat. namun di bulan ramadhan penganan jagung titi disajikan bersama penganan kolak manis yang masih hangat.
proses penyajian jagung titi dan kolak ini juga cukup unik. saat berbuka puasa, jagung titi dan kolak disajikan terpisah. namun ketika disantap, kedua menui ini dicampur. caranya, kolak manis yang masih hangat dalam piring, dicampur dengan jagung titi yang gurih.

Untuk mendapatkan sensasi percampuran rasa yang nikmat, jagung titi yang dicampurkan dsengan kolak kemudian diaduk dengan sendok makan sampai rata. setelah adukan sudah rata, menu langsung bisa disantap. cara menyantap menu khas ini cukup praktis sehingga sama sekali tidak terkesan ribet.

Buat anda yang mungkin ingin menjelajah guna mencicipi kuliner khas nusantara, ada baiknya momen bulan suci ramadhan ini bisa dimanfaatkan untuk menikmati kolak dan dan jagung titi yang merupakan menu khas muslim lamaholot dikala berbuka puasa.
masih banyak menu khas muslim lamaholot yang bisa dinikmati saat sajian berbuka puasa seperti aneka penganan berupa kue. penganan kue-kue khas muslim lamaholot yang bisa dinikmati di antaranya; kue bapen, kue juada, kue senole, dan kue putu. Semua jajanan kue ini menggunakan bahan dasar berupa tepung singkong dan tepung jagung. (**)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar