BLOG PILIHAN GENERASI LABALA

SELAMAT DATANG DI BLOG INI. TAAN ONEK TOU SOGA NARAN LEWOTANAH. LABALA TANAH TITEN.

Kamis, 07 Januari 2016

Ata Lamaholot (Orang Lamaholot)

Ata Lamaholot
(Orang Lamaholot)

Apakah kau orang lamaholot? Kalau iya, apakah kau tahu apa itu Lamaholot? Lamaholot itu etnis/suku bangsa yg mendiami kepulauan solor dan alor.

Orang lamaholot adalah atadiken (ata= manusia, diken= baik/berbudi luhur) yg beradat, berbudaya, dan bertradisi Lamaholot.

Dalam bahasa Labala, Lamaholot kata "Lama= piring/mangkok" yang berarti tempat/wadah menaruh makanan dan minuman dan "Holot" yang berarti selalu penuh/berisi. Lamaholot adalah tanah atau negeri yg penuh/melimpah dengan berkat.

Setiap suku/klan dibedakan atas "Lama". Orang labala menyebutnya "Ume Lama", artinya jatah/atau bagian yang telah ditentukan bagi setiap suku/klan.

Ume Lama merupakan istilah adat yang digunakan mengungkapkan garis batas kewenangan  atau tugas bagi setiap suku/klan.

Antara satu suku/klan dengan suku/klan yang lain tak boleh mengambil alih atau merampas dan menguasai jatah atau kewenangan suku/klan yang lain.

Holot artinya, tak pernah putus, selalu sambung menyambung. Holot juga berarti terus berjalan tak pernah berhenti atau seperti air yang terus mengalir tak pernah kering. Bila ada tali atau ikatan yang terputus, maka harus di Holot atau disambung.

Lamaholot  berarti "Lama= tanah/kampung" dan "Holot= terus melangkah/mengalir" yang berarti tanah air tumpah darah yg mistis religius..

Lamaholot (usu asa timu matan lera gere), adalah asal usul peradaban religius, peradaban ketuhanan yg melangit, mengangkasa.

Lamaholot (holot dike tapan sare), adalah asal mula peradaban kemanusiaan yg merayap dan membumi.

Orang lamaholot adalah tipikal manusia yang tahu diri, tahu tugas dan kewenangan. Dia tak akan pernah berpikir licik dan berniat busuk untuk merampas atau memiliki sesuatu yang bukan haknya. Dia tak akan mengklaim milik orang lain sebagai miliknya.

Orang lamaholot adalah manusia yang tahu diri, bahwa dirinya adalah Atadike (ata= manusia/orang, dike= baik/berbudi )

Orang lamaholot adalah manusia yang dinamis, yang selalu berpikir dan berbuat sesuatu yang baik dan bermanfaat. Karena orang lamaholot memiliki filosofi hidup "gelekat lewo, gewayan Tanah" yang artinya, berbakti kepada Tuhan dan menjadi pelayan kepada sesama manusia.

Orang lamaholot berwatak "solor/solar (matahari)" yang kehadirannya senantiasa menjadi terang jalan dan kebenaran. seperti matahari,  kehadirannya selalu memberi manfaat.

Orang lamaholot adalah Atadike (manusia paripurna/insan kamil), budi dike akal sare (berbudi luhur, berpikiran lurus). Pantang Ata Lamaholot untuk berlaku amoral (bejat) dan berpikir licik kepada sesamanya, apa lagi kepada Tuhan.

Yah orang lamaholot adalah personifikasi kemuliaan yang melangit dan  kebajikan yang membudi; Lewotanah= lera wulan-tanah ekan= Alape= Allah= Sang Pemilik.

Orang lamaholot adalah manusia pilihan, manusia yang diberkati, manusia yang darinya asal-usul peradaban manusia.

Maka, berbanggalah menjadi orang Lamaholot, jangan tidak. Karena jika kau tak punya kebanggaan, lalu siapa lagi yg mau membanggakan adat leluhurmu, tradisi dan budaya nenek moyangmu? yah siapa lagi?

~AtaLabala~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar